Selasa, 06 Desember 2016

Tanda dan Gejala TB Paru

Setelah mengetahui definisi dan penyebabnya, tentunya kita harus tau dong apa ajh kira-kira tanda dan gejala penyakit TB paru tersebut. Setelah kalian mengetahui tanda dan gejala jangan lupa untuk selalu mawas diri dan memperhatikan lingkungan skitar khususnya keluarga kalian. Apabila merasa melihat tanda dan gejala yang sama, segera periksakan diri atau keluarga kalian ke unit pelayanan kesehatan terdekat. Semakin dini kita menyadarinya, maka semakin mudah untuk menyembuhkannya :)

3.   Tanda dan Gejala TBC
                         Tanda
1)      Penurunan berat badan
2)      Anoreksia
3)      Dispnea
4)      Sputum purulen/hijau, mukoid/kuning.
Gejala
1)      Gejala Sistemik/Utama
a)   Demam tidak terlalu tinggi yang berlangsung lama, biasanya dirasakan malam hari disertai keringat malam. Kadang-kadang serangan demam seperti influenza dan bersifat hilang timbul. Biasanya menyerupai demam influenza. Keadaan ini sangat dipengaruhi oleh daya tahan tubuh penderita dengan berat-ringannya infeksi bakteri TBC yang masuk
b)   Malaise : Dapat berupa anoreksia, tidak ada nafsu makan, berat badan turun, sakit kepala, meriang, nyeri otot, keringat malam
c)      Batuk-batuk selama lebih dari 3 minggu (dapat disertai dengan darah). Terjadi karena adanya infeksi pada bronkus. Sifat batuk dimulai dari batuk kering kemudian setelah timbul peradangan menjadi batuk produktif (menghasilkan sputum). Pada keadaan lanjut berupa batuk darah karena terdapat pembuluh darah yang pecah. Kebanyakan batuk darah pada ulkus dinding bronkus.
d)  Sesak nafas akan ditemukan pada penyakit yang sudah lanjut dimana infiltrasinya sudah setengah bagian paru.
e)  Nyeri dada timbul bila infiltrasi radang sudah sampai ke pleura (menimbulkan pleuritis).

2)      Gejala Khusus
a)   Tergantung dari organ tubuh mana yang terkena, bila terjadi sumbatan sebagian bronkus (saluran yang menuju ke paru-paru) akibat penekanan kelenjar getah bening yang membesar, akan menimbulkan suara "mengi", suara nafas melemah yang disertai sesak.
b)  Kalau ada cairan dirongga pleura (pembungkus paru-paru), dapat disertai dengan keluhan sakit dada.
c)      Bila mengenai tulang, maka akan terjadi gejala seperti infeksi tulang yang pada suatu saat dapat membentuk saluran dan bermuara pada kulit di atasnya, pada muara ini akan keluar cairan nanah.

d)     Pada anak-anak dapat mengenai otak (lapisan pembungkus otak) dan disebut sebagai meningitis (radang selaput otak), gejalanya adalah demam tinggi, adanya penurunan kesadaran dan kejang-kejang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar